Minggu, 06 Mei 2018

Observasi sains club smkn 6 Tangsel


Obsevasi sains club SMKN 6 Tangsel
Pengenalan Alat Peraga IPTEK
Dipusat Peraga Ilmu Pengetahuan Teknologi (PPIPTEK)
By fadlan rizki

            1.BOLA LISTRIK

            

          Ini adalah alat peraga yang bernama bola listrik,alat peraga ini dapat di temukan di PPIPTEK di lantai 1.cahaya dalam bola listrik ini dapat mengikuti pergerakan dari sentuhan kita.Cara memeragakan bola listrik ini
1.meletakkan ujung jari tangan pada permukaan alat peraga bola listrik (Aliran listrik akan mengikuti jari tangan kita)
2.perhatikan lah lampu yang ada di dekat bola listrik
Hal ini terjadi karena listrik itu mengalir pada potensial tinggi ke potensial rendah,Jadi tubuh kita ini memiliki potensial yang rendah ,sehingga ketika kita meletakan jari ke permukaan bola listrik ,maka akan memberikan jalan bagi listrik untuk mengalir.
            Lampu neon yang di dekatkan pada bola listrik akan menyala karena perbedaan potensial yang  mengakibatkan aliran arus yang sampai akan membuat lampu menyala dan mengikuti pergerakan dari jari kita.
Alat peraga ini dapat berfungsi untuk mengispirasi kita bahwa banyak teknologi yang dapat di buat menjadi barang barang yang bagus dengan adanya kreativitas dan ilmu pengetahuan yang cukup maka alat peraga semacam ini bisa saja di buat.

2.TELUR UNIK
            


          Di PPIPTEK juga terdapat alat peraga bernama telur unik,Alat peraga telur unik ini dapat di temukan di ruangan Listrik dan magnet.cara menggunakan alat peraga ini adalah:
1.di alat ini terdapat sebuah tombol,tekan lah tombol tersebut.
2.perhatikan yang terjadi setelah nya. (setelah menekan tombol tersebut telur akan berputar dengan sendirinya)
            Hal ini terjadi karena alat peraga tersebut mengaliri listrik pada lilitan kawat yang berada di bawah mangkuk kaca yang di atasnya terdapat telur yang terbuat dari logam.jika logam yang di lilit oleh kawat dan di aliri listrik akan menjadi sepeti magnet,nah telur ini dapat berputar karena adanya gaya magnet yang besar.
            Alat peraga ini dapat berfungsi sebagai contoh cara pembuatan magnet dengan mengaliri listrik pada suatu logam.





3.BUCKET RADIO

            


          Alat peraga ini bernama Bucket radio,Alat peraga ini dapat di temukan di ruang getaran dan gelombang.cara memeragakan alat peraga ini yaitu:
1.letakkan ember /toples kecil yang sudah di sediakan ke ujung besi di atas radio (letakkan tepat pada tengah ember)
2.dekatkan telinga kita ke ember tersebut.(suara dari radio akan terdengar di dekat ember / toples terserbut)
            Hal ini dapat terjadi karena getaran yang di keluarkan radio akan tersalur pada benda yang dapat menyalurkan getaran.jadi radio mengeluarkan getaran lalu di salurkan melalui besi yang di ujungnya terdapat toples maka gelombang suara akan terdengar dalam toples tersebut.
            Fungsi dari alat peraga ini adalah contoh kecil bahwa getaran dan gelombang dapat di salurkan sehingga dapat di manfaatkan untuk kehidupan contohnya seperti jaringan,satelit.





            4.KATROL DAN SABUK
           



          Alat peraga ini dapat di temukan di ruang mekanika.cara menggunakan alat ini yaitu:
1.putarlah roda untuk memutarkan katrol
2.perhatikan angka yang dihasilkan (angka di kanan adalah angka jumlah putaran yang kita putar ,sedangkan yang kiri adalah angka hasil dari putaran)
            Cara kerja alat peraga ini sama seperti gir dan rantai sepeda, yaitu ketika kita menggoes sepeda ada gir yang besar dan kecil,sehingga ketika kita menggoes menggunakan gir yang besar, maka kita akan mendapat hasil yang banyak dalam 1 goes saja dari pada menggunakan gir kecil untuk menggoes maka kita aka menggunakan banyak gerakan namun hasilnya sedikit.

Fungsi dari alat peraga ini adalah walaupun kita menggunakan sedikit gerakan tapi mendapatkan hasil yang banyak .
               
           


           

            5.MEKANISME PERNAPASAN

     


Ini adalah alat peraga mekanisme pernapasan,cara memeragakan alat ini adalah:
1.tariklah besi yang berbentuk lingkaran
2.setelah di tarik dorong lagi ke atas
3.perhatikan apa yang terjadi setelahnya
Saat membran karet ditarik maka balon yang berada dalam alat peraga akan menggelembung karena terisi udara, hal ini disebabkan tekanan udara di dalam alat peraga berkurang sedangkan  tekanan udara di luar  alat peraga (udara bebas) yang tetap menjadi  lebih besar  sehingga udara di luar alat peraga akan mengalir ke dalam balon dalam alat peraga yang diumpamakan sebagai paru-paru. Proses yang seperti ini disebut proses inspirasi.
Keadaan balon dalam botol saat membran karet dikembalikan adalah mengempis, hal ini disebabkan karena tekanan dalam botol lebih besar dan tekanan udara di luar mengecil atau berkurang sehingga udara dalam balon yang berada dalam botol mengeluarkan udara keluar yang membuatnya mengempis ini disebut proses ekspirasi.singkatnya yaitu mekanisme masuk dan keluarnya udara dari dan ke paru paru karena membesar dan mengecilnya rongga udara.
Alat peraga ini berfungsi sebagai pembelajaran sistem pernapasan dan menambah ilmu pengetahuan tentang proses inspirasi dan ekspirasi di paru paru.

KESAN DAN PESAN
1.KESAN
            Kesannya pada saat saya dan teman teman dari sains club smkn 6 tangsel sangat menyenangkan dan kagum terutama pada saat mencoba memeragakan alat peraga yang ada di sana sangat menyenangkan dan sangat menambah ilmu pengetahuan tentang sains.
           
            2.PESAN

        Alat peraga di ppiptek sudah baik dan menarik hanya saja ada beberapa alat peraga yang tidak bisa untuk di peragakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar