Sabtu, 05 Mei 2018

Alat-alat peraga Pusat Pengetahuan IPTEK

OBSERVASI SAINSCLUB SMKN6 TANG-SEL

CONTOH ALAT PERAGA DI PP-IPTEK TMII

                                                    By:Farhan Dzikry

1. BOLA LISTRIK


Bola Listrik merupakan salah satu alat peraga yang tersedia di PP IPTEK TMII. Bola lampu ini mengantarkan arus listrik yang aman jika disentuh. Sangat cocok untuk pratikum ilmu sains. Apabil disentuh maka sambaran cahaya akan menyambar jari-jari kita yang menempel pada kaca. Persis serupa yang kita lihat di filem-filem, dimana paralatan ini biasanya digunakan oleh para peramal sebagai salah satu instrumen untuk menarik perhatian pasien mereka. Sangat lucu dan unik apabila mencobanya.
BolaLitrik ini diciptakan oleh Nikola Tesla dalam sebuah percobaan arus listrik yang dilakukannya. Tesla sendiri menamakan hasil ciptaannya dengan sebutan Tabung Lucutan gas Lembab.
Lampu Listrik adalah jenis lampu electrodeless  energi dengan penguasaan frekuensi radio..Dalam plasma light, waveguide digunakan untuk membatasi dan memfokuskan listrik menjadi plasma.
alat peraga yang bernama Plasma Light menjelaskan bahwa  potensial listrik mengalir dari potensial listrik yang lebih besar menuju potensial yang lebih kecil.

2. MEKANISME PERNAFASAN


Pengertian respirasi (pernafasan) adalah proses pengambilan gas oksigen dari lingkungan dan pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh makhluk hidup. Bernafas merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Proses pengambilan gas tersebut menggunakan cara yaitu pernapasan dengan rongga dada dan pernapasan perut.
Model ini dapat menggambarkan pernapasan perut.Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.
Fase inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk. Hal ini terjadi pada saat membran karet model ditarik.
Fase ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diafragma ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar dari pada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbondioksida keluar. Hal ini terjadi pada saat membran karet model dilepas.



3. SEPASANG BOLA BERGANTUNG



Apabila kita semporotan angin pada celah di antara dua bola yang menggantung akan salah mendekat, mengapa hal itu dapat terjadi? Menurut fisika, udara yang memiliki tekanan yang lebih rendah dari tekanan udara sekitarnya. Itu sebabnya tekanan udara di daerah A lebih kecil dibandingkan tekanan udara di B atauC. Perbedaan tekanan udara ini menimbulkan gaya dorong dari B ke Adan C ke A. Gaya dorong ini membuat kedua bola saling mendekat.

4. KINCIR AIR



Kincir air adalah komponen putaran air yang memberikan energi pada poros yang berputar. Kincir air merupakan sarana untuk merubah energi air menjadi energi mekanik berupa torsi pada poros kincir. Ada beberapa tipe kincir air yang setidaknya haruslah pembaca ketahui bersama, salah satu diantaranya ialah Kincir air overshot, dimana untuk kincir air ini sendiri bekerja bilamana air yang mengalir jatuh ke dalam  bagian sudu-sudu daripada sisi bagian atas, dan karena hal tersebut disebabkan oleh  gaya berat air  pada suatu roda kincir berputar.

Cara kerja nya :

Pada hakekatnya untuk suatu prinsip kerja daripada listrik tenaga air ini adalah mengupayakan atau mengubah energi yang terdapat pada air yang mengalir di dalam sungai atau laut menjadi energi mekanik dimana kemudian energi mekanik inilah mampu diubah menjadi suatu bentuk pada energi listrik. Alat utama yang selalu dibutkan dalam pembuatan kincir air adalah turbin dan juga generator. Kedua alat turbin dan juga generator ini tidak boleh dilupakan dalam pembuatan kincir air.

5. SEPEDA PENGISI DAYA


ketika mengayuh sepeda ini, energi mekanik yang berasal dari tubuh anda di ubah menjadi energi listrik melalui sistem generator. hasilnya dapat di gunakan untuk mengisi daya baterai atau menyalakan handphone anda serta peralatan listrik lainnya.
caranya itu hampir sama seperti anda menaiki sepeda. anda naik pada alat itu kemudian anda mengayuh pedal gasnya maka akan ada enerki mekanik yang tersimpan.



Kesan dan pesan saat mengunjungi PP IPTEK TMII
Kesan : saya senang karena banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang saya       dapat dari banyak nya alat peraga di sana. Selain itu saya juga terkesan pada wahana yang ada di sana seperti Lorong ilusi & Laser Trap.
Pesan: semoga PP IPTEK TMII lebih maju,berkembang& selalu menciptakan hal2 yang baru dan pengunjung ikut menjaga fasilitas yang ada disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar